Pages

Minggu, 28 Februari 2016



Cara oprasional
 pompa centrifugal
 Hasil gambar untuk pompa sentrifugal

Pompa adalah termasuk alat fital dalam sebuah pabrik atau industry. Karna pompa air bisa mengalir. Salah satu jenis pompa yang umum adalah pompa centrifugal. Meskipun umum namun jika salah dalam oprasional maka pompa ini akan mengalami lose pressure atau kehilangan tekanan sehingga performa jauh menurun. Oleh karena itu berikut adalah cara operasional pompa dengan benar.

Langkah pertama, pastikan bahwa oli dalam pompa cukup. Hal ini bisa dilihan dari level oli atau bisa dilihat dengan membuka tutup oli pada pompa. Level oli yang benar adalah dibawah shaft namun merendam sebagian bearing.  Hal ini dilakukan agar memastikan bearing terlumasi pada saat berputar. Jika beraing tidak terjadi pelumasan maka besar kemungkinan pompa akan segera mengalami kerusakan pada bearing.

Langkah ke dua, pastikan bahwa material yang akan dipompa cukup. Hal ini jika air kurang makan akan terjadi kavitasi atau masuknya angina ke dalam pompa. Hal ini yang kadang memebuat pompa mengalami lose pressure.

Langkah ke tiga buka valve suction line, agar air atau material masuk dan merendam impeller. Untuk pompa dengan negative suction maka perlu adalanya vacuum line untuk menarik air keatas ke impeller atau perlu adanya air suntikan dari lain line ke pipa suction untuk merendam impeller untuk sebagai pancingan atau sebagai pembuang angina dalam pompa.

Setelah persiapan selesai, maka langkah selanjutnya adalah star pompa, pastikan bahwa arah putaran pompa benar. Lihat pressure pompa dengan melihat pada pressure gauge yang dipasang. Setelah pressure naik maka langkah selanjutnya adalah buka valve discharge secara perlahan, jangan langsung full ini bisa mengakibatkan drop pressure terutama untuk poma negative suction. Untuk pompa air biasanya normal pompa dengan performa baik yaitu 4-5kgf/cm2.  Drop pressure sering terjadi pada poma negative suction, hal ini biasanya karna masih adanya cukup banyak angina dalam pompa, maka langkah nya adalah melakukan pengulangan langkah persiapan oprasional pompa dari awal.

Demikian cara oprasional pompa, sumber ini dikutip  dari pengalaman penis sebagai supervisor mechanical engineer dalam sebuah pabrik gula. Semoga bermanfaat dan mohon koreksi jika adal kesalahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar