Pages

Jumat, 13 Januari 2012

cara memilih velg mobil


Velg mobil merupakan tumpuan roda pada mobil, sehingga dalam memilih velg mobil ada beberapahal hal yang harus diperhatikan. Seperti ukuran velg. Jika ukuran velg mobil tidak tepat maka hal ini akan mengganggu kenyamanan anda dalam berkendara. Dan banyak factor yang lain. Agar anda tidak salah dalam memilih velg untuk mobil kesayangan anda berikut adalah beberapa hal yang harus dierhatikan dalam memilih velg.
Tiap velg mobil memiliki ukuran PCD (Pitch Centre Diameter) yang berlainan. Ukuran PCD velg ditetapkan dari jarak antara lubang baut satu dengan yang lainnya. Ukuran PCD ini dapat dilihat pada spesifikasi yang tertera di velg misalnya pada velg tertulis 4×100 berarti velg terdiri dari 4 hole dengan PCD 100 mm.
Lalu yang kedua offset adalah ukuran jarak antara bagian dalam tengah velg dengan permukaan mounting (dudukan) velg pada kaki-kaki mobil. “Gambaran umum yang mudah dimengerti,offset itu merupakan ukuran keluar atau masuknya velg darifender atau spatbor mobil,” tambah Santo.
Ukuran offset menentukan jarak keluar atau masuknya bibir luar velg dari fender mobil, ini karena dipengaruhi ketebalan lingkaran tengah pada bagian dalam velg yang akan bersinggungan dengan permukaan mounting velg mobil. Semakin kecil nilai offset maka bibir luar velg semakin keluar darifender, dan sebaliknya semakin besar nilai offset berarti bagian depan velg akan semakin ke dalam fender.
Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan ukuran diameter dan lebar velg sebab tiap mobil memiliki ukuran velg maksimal. Oleh karena itu jika Anda memutuskan mengganti velg dengan ukuran lebih besar dari sebelumnya, maka sebaiknya peningkatan ukuran velg yang di toleransi adalah sebanyak 3 tahap atau dikenal dengan istilah up size +3. Begitu juga dengan lebar velg harus disesuaikan dengan batas maksimal mobil.
Nah demikian cara memeilih velg pada mobil anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar