Pages

Kamis, 26 Januari 2012

Penyakit Menular dan Tidak Menular



Dewasa ini penyakit yang menyerang manusia sangatlah banyak, baik yang berasal dari genetikan mauapun dari virus luar. Akibatnya angka kematian juga melonjak naik. Hal ini tentunya karena disebabkan berbagai penyakit. Penyakit bermacam-macam dari yang tidak menyebabakan kematian sampai yang menyebabakan kematian. Selain itu penyakit ini ada yang menular adajuga yang tidak menular. Oleh karena itu kita harus tahu oenyakit mana yang bisa menular sehingga kita bisa menghindarinya. Berikut adalah ciri-ciri penyakit menular dan penyakit tidak menular.

Penyakit menular yang juga dikenal sebagai penyakit infeksi dalam istilah medis adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh sebuah agen biologi (seperti virus, bakteria atau parasit), bukan disebabkan faktor fisik (seperti luka bakar dan trauma benturan) atau kimia (seperti keracunan) yang mana bisa ditularkan atau menular kepada orang lain melalui media tertentu seperti udara (TBC, Infulenza dll), tempat makan dan minum yang kurang bersih pencuciannya (Hepatitis, Typhoid/Types dll), Jarum suntik dan transfusi darah (HIV Aids, Hepatitis dll).

Adapun penyakit yang tidak menular adalah penyakit yang diderita pasien yang pada umumnya disebakan bawaan/keturunan, kecacatan akibat kesalahan proses kelahiran, dampak dari berbagai penggunaan obat atau konsumsi makanan serta minuman termasuk merokok, kondisi stress yang mengakibatkan gangguan kejiwaan. Lebih lanjut akan kita bahas satu persatu berbagai macam penyakit baik itu yang menular ataupun penyakit tidak menular yang kerap diderita manusia, termasuk gajala dan proses penanganan atau pengobatannya baik dari obat-obatan medis (kimia) maupun obat-obatan tradisional.

Semoga kita bisa memebedakan mana penyakit yang menular dan penyakit tidak menular agar kita tidak salah langkah dalam penanganannya. Semoba bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar