Pages

Minggu, 22 Januari 2012

gejala amnesia



Otak adalah alat untuk berfikir dan menyimpan memori sebagai pusat informasi. Otak juga sebagai pengatur semua indra pada tubuh kita. Tapi terkadang otak mengalami beberapa masalah akibat adanya gannguan dari luar. Contohnya dalahlah ingatan dan amnesia. Orang-orang dengan amnesia pada umumnya tahu siapa mereka, tapi kesulitan mempelajari informasi baru I tapdan membentuk memori baru.

Apa penyebabnya? Amnesia bisa disebabkan oleh kerusakan area otak yang sangat penting dalam proses pengolahan memori. Berbeda dengan hilang ingatan sementara (transient global amnesia), amnesia bisa bersifat permanen.

Gejala
Ada dua gambaran utama amnesia, yaitu:
  • Gangguan mempelajari informasi baru.
  • Gangguan mengingat peristiwa-peristiwa masa lalu dan informasi sejenis sebelumnya.
Sebagian besar orang dengan amnesia memiliki gangguan memori jangka pendek, mereka tidak bisa mengingat informasi baru. Selain itu, banyak juga yang kesulitan mengingat memori sebelumnya. Memori-memori yang baru terjadi cenderung hilang, sedang ingatan yang sudah lama tertanam tetap bertahan.

Beberapa orang bisa mengingat pengalaman masa kecil atau mengetahui nama-nama presiden di masa lamapu, tapi tidak bisa mengingat nama presiden yang sedang menjabat.

Hilang ingatan ini tidak mengganggu kecerdasan, pengetahuan umum, kesadaran, tingkat perhatian, penilaian, kepribadian atau identitas seseorang. Orang-orang dengan amnesia biasanya bisa memahami kata-kata tertulis dan ucapan serta bisa mempelajari keterampilan seperti bersepeda atau bermain piano. Selain itu, mereka juga kemungkinan mengerti bahwa mereka mengalami gangguan memori.

Amnesia berbeda dengan kepikunan. Kepikunan juga meliputi hilang ingatan, tapi juga disertai gangguan kognitif lainnya sehingga memicu penurunan kemampuan mengerjakan aktivitas sehari-hari.

Gejala lainnya
Bergantung kepada penyebabnya, amnesia juga mungkin ditandai oleh:
  • Ingatan atau kenangan yang salah, baik ingatan yang baru saja ditemukan atau dari memori asli yang salah urutan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar