Pages

Selasa, 15 November 2011

gejala dan penyebab demam berdarah


Ketika musim hujan tiba, banyak orang yang terkena penyakit demam berdarah. Meskipun penyakit ini dapat disembuhkan tapi penyakit ini juga berbahaya jika tidak ditangani secara cepat dan tepat. Dan lebih baik lagi jika dapat mencegahnya, untuk itu berikut adalah penyebab dan gejala demam berdarah
Penyebab demam berdarah
Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti, Aedes albopictus, Aedes polynensies dan beberapa jenis lain yang kurang berperan. Umumnya nyamuk ini dikenali sebagai nyamuk belang hitam putih, berkembang biak di air relatif bersih, dan menggigit pada siang hari. Virus demam berdarah, yaitu Virus Dengue serotipe 1, 2,3 dan 4 dapat hidup dalam ludah nyamuk dan masuk ke dalam tubuh manusia saat sang nyamuk menghisap darah manusia.
Virus hanya dapat hidup pada sel yang hidup sehingga ketika virus masuk ke dalam tubuh manusia ia akan bersaing dengan sel manusia terutama untuk keperluan protein dan persaingan ini sangat tergantung pada daya tahan manusia. Gejala inilah yang menyebabkan terjadinya demam tinggi.
Gejala klinis
  • Demam tinggi terus menerus selama 2-7 hari, suhu tubuh mencapai 38.
  • Lemah, lesu, dan ulu hati terasa nyeri.
  • Tanda-tanda perdarahan baik berupa bintik-bintik kemerahan awalnya di lengan/kaki kemudian timbul   perdarahan hidung atau gusi, atau bisa juga berupa muntah darah atau berak darah.
  • Pada derajat yang berat dapat terjadi syok yang ditandai dengan nadi yang lemah dan cepat serta turunnya tekanan darah, kulit dapat teraba dingin dan lembab terutama pada ujung hidung, jari tangan dan kaki, penderita dapat tampak gelisah dan mulut kelihatan kebiruan.
Demikian, jagalah kesehatan anda semaksimal mungkin, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar