Pages

Selasa, 01 November 2011

pencegahan dan penangan penyakit lambung


Lambung adalah bagian dalam tubuh yang merupakan bagian dari alat pencernaan, sehingga jika pola makan kita tidak baik maka tak heran jika kita akan terkena penyakit lambung.. atau dengan kata lain lambung kita tidak berfungsi dengan baik… padahal ketika penyakit lambung ini sudah menyerang maka betapa pedihnya dan itu sangat tidak mengenakkan.. berikut adalah tentang penyakit lambung dan bagaimana cara mengatasinya.
Fungsi lambung ada tiga, yaitu:
1.  Menyimpan makanan hingga dapat ditampung dalam jumlah besar pada bagian bawah saluran pencernaan;
2.  Mencampur makanan dengan getah lambung hingga membentuk campuran setengah padat yang dinamakan kimus;
3.  Mengeluarkan makanan perlahan-lahan dari lambung masuk ke usus halus dengan kecepatan yang sesuai un­tuk pencernaan dan absorpsi usus halus.
Penyakit radang lambung (penyakit pencernaan), atau sering disebut penyakitmaag, sering diakibatkan waktu makan yang tidak teratur dan jenis serta mutu makanan yang kurang baik. Radang pada dinding lambung berupa iritasi atau infeksi membuat dinding lambung menjadi merah, bengkak, berdarah, dan terparut. Penyebab iritasi pada lambung ini antara lain: alkohol, obat-obatan seperti aspirin dalam dosis tinggi, ka­fein, kortikosteroid, antimetabolit, butazolidin, dan indosin.
Radang dinding lambung yang kronis kemungkinan di­sebabkan oleh kembalinya empedu dan asam lain ke dalam lambung, bakteri, penyakit ginjal, infeksi, anemia, diabetes, dan beberapa hal lain yang mengiritasi. Gejala-gejala yang ditunjukkan bila seseorang menderita penyakit radang lam­bung adalah: lambung terasa tidak enak, muntah, muntah darah, mual-mual, kram perut, indigesti, nafsu makan me­nurun, dan lain-lain. Yang perlu dilakukan untuk mengatasi penyakit ini adalah—selain berkonsultasi—memperhatikan makanan dan berolahraga yang sesuai. Hindari makanan yang pedas-pedas dan bahan-bahan makanan yang mengan­dung aspirin. Makanlah makanan yang lunak, dengan jum­lah yang sedikit tetapi berulang-ulang. Jagalah lambung dari penyakit pencernaan.
Nah demikian cara penanganan dan pencegahan penyakit lambung,, semoga kita termasuk orang-orang yang selalu diberikan kesehatan amiin….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar