Pages

Sabtu, 26 November 2011

cara merawat ban mobil


Dalam dunia otomotif, ban merupakan hal yang tidak bisa dispelekan. Karena merupakan hal penting dalam keamanan saat berkendara. Jika anda ingin ban mobil anda tahan lama, maka haruslah anda melakukan perawatan ban secara berkala, nah berikut adalah cara merawat ban mobil yang baik.
1. Biasakan untuk memeriksa tekanan ban mobil.
Paling sedikit sebulan sekali terutama sebelum melakukan perjalanan jarak jauh atau ke luar kota. Ban dengan tekanan yang kurang memadai akan menyebabkan ban mudah panas karena gesekan yang besar dengan aspal, sehingga ban cepat aus dan bisa membahayakan keselamatan mengemudi.

2. Perhatikan dengan cermat tekanan yang proporsional dari ban mobil Anda.
Ukuran tekanan ban yang pas bisa dilihat pada stiker yang menempel di bagian dalam dari pintu kendaraan Anda, atau pada buku petunjuk pemilik kendaraan.

3. Untuk pengukuran yang valid terhadap tekanan ban mobil, periksalah ban saat suhu dingin. Atau setidaknya tunggu selama tiga jam jika mobil Anda habis menempuh perjalanan jauh.
4. Lakukan pemeriksaan berkala, paling tidak sebulan sekali dan jagalah agar ukuran tekanan ban mobil Anda selalu pada batasan yang proporsional.
5. Jagalah ban mobil Anda dari lubang di jalan. Lobang yang terlalu besar tak hanya bisa merusak ban, melainkan juga akan mennganggu keseimbangan ban mobil.
6. Pastikan Anda menukarkan ban mobil Anda antara yang di depan dengan yang di belakang tiap 6000 mil, agar menyeragamkan kondisi seluruh ban dan mempertahankan masa pakai ban lebih lama.
7. Sebaiknya tidak mengendarai mobil dengan ban tanpa penutup pentilnya.
Mengemudikan mobil dengan ban tanpa penutup pentil bisa jadi menyebabkan kebocoran udara dari dalam ban dan bisa mengakibatkan ban kekurangan tekanan.

8. Periksalah keseimbangan ban mobil secara periodik, untuk menghindari putaran ban yang tak stabil.
9. Perhitungkan bobot yang harus dimuat oleh mobil Anda. Jika muatan melebihi kapasitas maksimal dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil Anda dan itu bisa sangat membahayakan
Semoga artikel perawatan ban mobil ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar