Pages

Kamis, 17 November 2011

caara pencegahan diare pada bayi


 Diare, penyakit pada pencernaan ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Salah satunya bayi. Bayi yang sering terkena virus daya tubuhnya masih sangat rentan sehingga rentan juga terkena diare. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu terhadap kesehatan dan pertumbuhan dan perkembangan bayi.untuk itu, harus ada pencegahan sejak dini terhadap penyerangan diare pada bayi. Berikut adalah artikel tentang pencegahan diare pada bayi. Silahkan membaca dibawah ini.
Pencegahan Diare:

-         Teruskan Pemberian Air Susu Ibu (ASI)
-        Perhatikan kebersihan dan gizi yang seimbang untuk  pemberian makanan pendamping ASI setelah bayi berusia 4 bulan.
-        Karena penularan kontak langsung dari tinja melalui tangan / serangga , maka menjaga kebersihan dengan menjadikan kebiasaan mencuci tangan untuk seluruh anggota keluarga. Cucilah tangan sebelum makan atau menyediakan makanan  untuk sikecil.
-        Ingat untuk menjaga kebersihan dari makanan atau minuman yang kita makan. Juga kebersihan perabotan makan ataupun alat bermain si kecil.

Hubungi dokter anda, bila:
  • Diare disertai Darah -----perlu pengobatan spesifik dengan antibiotika.
  • Adanya tanda-tanda DEHIDRASI ( tidak ada air mata ketika menangis, kencing berkurang atau tidak ada kencing dalam 6-8 jam, mulut kering)
  • Adanya panas tinggi (.38.5C) yang tidak turun dalam 2 hari.
  • Muntah terus menerus - tidak dapat masuk makanan / asi .
  • Adanya sakit perut - kolik ----pada bayi akan menangis kuat dan biasanya menekuk kaki, keringatan dan gelisah.
 Nah demikian cara pencegahan diare pada bayi. Silahkan mencobanya semoga berhasil dan artikel ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar