Pages

Jumat, 18 November 2011

cara pola hidup sehat


Penyakit manusia sangat lah banyak, tingkat bahaya yang bermacam-macam. Termasuk juga cara menularnya dan gejala penyakit juga sangat banyak. Jika sudah sakit maka aktivitas kita akan terganggu, tidak Cuma itu biaya pengobatan juga tidaklah murah, apalagi untuk mengobatai penyakit yang berbahaya. Oleh karena itu dari pada mengobati penyakit alangkah lebih baik jika kita mencegahnya dengan mengatur pola hidup kita menjdai pola hidup sehat.jika pola hidup kita adalah pola hidup sehat maka sedikit kemungkinan kita akan terserang penyakit. Nah berikut adalah cara pola hidup sehat.

·         Kurangi makanan berlemak tinggi, seperti mentega, margarine, dan santan. Lebih baik dapatkan asupan lemak alami dari kacang-kacangan atau biji-bijian. Lupakan jeroan, otak, makanan berkuah santan kental, kulit ayam dan kuning telur. Pilihlah daging tanpa lemak, makanan berkuah bening, susu rendah lemak, susu kedelai, yogurt, putih telur, dan ikan sebagai sumber protein yang baik

·         Sedapat mungkin hindari bahan pangan atau bahan pengawet yang dalam jangka panjang dapat menjadi pemicu kanker.

·         Pilih makanan atau minuman yang berwarna putih alami (bukan di-bleach). Gunakan pewarna dari bahan makanan misalnya warnet coklatnya dari bubuk coklat, merahnya strowbery, kuningnya kunyit, dan hijaunya daun suji. Jangan menambahkan saus, kecap, garam dan bumbu-bumbu penyedap secara berlebihan. Perbanyak makan buah dan sayuran.

·         Teknik pengolahan makanan juga mempengaruhi mutu makanan. Pilih makanan dengan metode memasak dikukus, direbus, atau ditumis dengan sedikit minyak.

·         Perbanyak minum air putih, mineral 8 gelas sehari, hindari minuman beralkohol, bersoda dan minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi. Jus sayuran dan buah baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.
Demikian pola hidup sehat, silahkan mencobanya. Yang jelas mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar